Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Posted by ADITYAFYA


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami agar Kulit Wajahmu Senantiasa Mulus

 http://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/2018/05/04/1570137268.jpg

Selain bekas pacar, ternyata bekas jerawat juga sulit dihilangkan dari hidup kita. Namun tenang saja, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa kamu simak dalam artikel ini.
Kamu tidak perlu mengeluarkan bujet yang besar untuk bisa mengembalikan kemulusan wajahmu. Karena bahan-bahan alami ini sangat murah dan mudah didapatkan di supermarket maupun pasar tradisional.
Menggunakan bahan alami ini  memang tidaklah secepat obat dokter dalam menghilangkan bekas jerawat. Tetapi jika kamu rutin menggunakan perawatan alami ini, jangankan bekasnya, jerawatnya pun enggan kembali. Tidak seperti obat dari dokter yang kerap menimbulkan efek samping, perawatan alami ini tidak menimbulkan efek samping dan ketergantungan.
Penasaran dengan bahan-bahan alami apa saja yang bisa digunakan? Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel ini!
Pilihan Editor

Penyebab Munculnya Jerawat

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Istilah tersebut sangat tepat diterapkan buat kamu yang sering jerawatan. Daripada kamu sibuk berusaha menghilangkan bekas jerawat, alangkah lebih mudah jika kamu mengetahui penyebabnya dan mencegahnya tumbuh di wajahmu.
Tentunya ada banyak faktor yang menyebabkan si bandel ini tumbuh di wajahmu. Salah satunya adalah malas membersihkan muka. Jika kamu malas membersihkan muka, bakteri propionibacterium acne akan terus berkembang di wajahmu.
Tetapi terlalu sering membersihkan wajah juga tidak baik. Hal tersebut membuat wajah kehilangan minyak alami dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi sehingga akan memicu tumbuhnya jerawat. Jadi, setidaknya cucilah muka dua kali dalam sehari.
Namun jika wajahmu sudah terlanjur berjerawat dan meninggalkan bekas, ada cara yang murah dan mudah untuk menghilangkannya. Berikut beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa kamu praktikkan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Buah

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami - Buah Segar
Kamu bisa saja menggunakan krim-krim ilegal yang diperjual belikan via Instagram untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat dalam waktu sehari. Tapi tahukah kamu cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dalam 1 hari tersebut berbahaya untuk kulitmu?
Daripada kamu mengambil resiko yang membahayakan wajahmu, lebih baik kamu menggunakan cara menghilangkan bekas jerawat secara alami menggunakan masker buah. Meskipun tidak bisa hilang secara singkat, namun cara ini efektif untuk menghilangkan jerawat.

1. Lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami yang pertama adalah dengan buah lemon. Selain menyegarkan bila dikonsumsi, ternyata si kuning ini sangat bermanfaat untuk kesehatan wajahmu.
Pada air lemon terdapat  kandungan asam alfa hidroksi alami (AHA) yang mampu untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Selain itu, lemon juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit.
Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan lemon ini cukup mudah. Belah buah lemon menjadi dua bagian dan peras airnya. Lalu, oleskan airnya pada bekas jerawat dan flek hitam.
Diamkan sampai kering dan bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan perawatan ini 2-3 hari sekali.

2. Mentimun

Cara menghilangkan bekas jerawat alami yang berikutnya adalah menggunakan mentimun. Buah yang sering digunakan untuk lalapan ini kaya akan kandungan vitamin A dan C sehingga sangat bermanfaat bagi kulit.
Selain kaya akan vitamin, mentimun juga kaya akan kandungan mineral, magnesium, dan kalium. Kandungan tersebut bagus untuk menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya.
Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami tanpa efek samping ini sangat mudah. Iris tipis-tipis mentimun secukupnya, lalu letakkan di atas jerawat dan bekasnya.
Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas wajah hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, ulangi perawatan dengan mentimun ini setidaknya dua kali seminggu.

3. Tomat

Buah selanjutnya yang ampuh menghilaskan bekas jerawat adalah tomat. Selain manis dan menyegarkan, buah yang merah merona ini sangat cocok digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Hal tersebut dikarenakan tomat kaya akan antioksidan, solanin, saponin, vitamin C, dan likopen.
Maka dari itu, tomat dipercaya ampuh dalam menghilangkan jerawat dan bekasnya. Untuk caranya pun sangat mudah dan simple. Iris tomat tipis-tipis, lalu tempelkan pada seluruh wajah secara merata.
Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih. Jika ingin jerawatmu cepat sembuh dan bekasnya menghilang, rutin gunakan perawatan ini selama 2-3 kali seminggu.
Terkait

4. Bluberi

Buah yang sangat nikmat bila dijadikan selai ini juga bagus serta menyehatkan wajah. Dalam buah bluberi terdapat banyak sekali kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya. Senyawa tersebut di antaranya adalah vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan antioksidan.
Cara penggunaannya pun sangat mudah dan singkat. Cuci bersih blueberi, lalu tumbuk hingga halus. Oleskan pada jerawat dan bekasnya.
Diamkan hingga 20 menit dan bilas dengan air bersih. Selain ampuh untuk mengobati jerawat, buah ini juga bisa kamu gunakan sebagai masker agar wajahmu senantiasa lembut, lembap, dan kenyal. Untuk hasil yang lebih maksimal, ulangi 2-3 kali seminggu.

5. Belimbing Wuluh

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami yang terakhir yaitu menggunakan belimbing wuluh. Banyak orang yang belum mengetahui jika buah masam ini ampuh menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya.
Hal tersebut dikarenakan belimbing wuluh kaya akan vitamin C. Cara pengaplikasiannya pun relatif simple dan mudah. Siapkan 3 buah belimbing wuluh dan cuci hingga bersih.
Kemudian, tumbuk buah ini hingga lembut dan tambahkan sedikit garam. Oleskan pada jerawat dan bekasnya selama 15 menit, lalu cuci hingga bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan perawatan ini 2 hari sekali.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Dapur

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami - Bawang Putih
Daripada kamu repot-repot mengeluarkan kocek banyak untuk membeli obat menghilangkan bekas jerawat di apotik, lebih baik gunakan bahan yang ada di sekitarmu. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur.
Selain murah meriah dan mudah di dapatkan, zat yang terkandung di dalam bumbu-bumbu dapur ini ampuh membuat jerawat dan bekasnya lenyap dari mukamu. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan dapur ini terbukti sukses membuat wajahmu lebih mulus dan halus. Berikut beberapa bahan dapur yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya di wajahmu.

1. Bawang putih

Selain berfungsi untuk melezatkan makanan, bawang putih ini ternyata ampuh menghilangkan jerawat dan bekasnya. Hal tersebut karena bawang putih kaya akan senyawa thiacremonon, sulfur yang mengandung anti bakteri.
Meskipun baunya kurang sedap, namun si putih ini mampu menghilangkan bekas jerawat dalam hitungan hari. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam 1 minggu ini pun relatif mudah. Siapkan bawang putih secukupnya, lalu tumbuk hingga halus.
Kemudian, oleskan pada jerawat serta bekasnya dan diamkan selama 5 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Kamu bisa menggunakan cara menghilangkan bekas jerawat secara alami ini sebanyak dua kali sehari pada saat pagi dan malam hari.

2. Baking Soda

Bahan yang sering digunakan untuk pembuatan kue ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Baking soda bisa digunakan sebagai pilihan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Hal tersebut dikarenakan bahan ini mengandung sodium bicarbonate yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.
Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan dapur ini sangat mudah. Siapkan 3 sendok teh baking soda dan tambahkan air secukupnya. Aduk hingga mengental dan oleskan pada area wajah yang berjerawat dan bekasnya.
Diamkan selama 3-5 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih. Gunakan perawatan alami dengan baking soda ini secara rutin, 1-2 kali dalam seminggu.

3. Gula

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami berikutnya adalah menggunakan gula. Pada tebu yang merupakan bahan dasar dari gula terdapat asam glikolat dan alfa hidroksi. Dua kandungan tersebut mampu membersihkan kulit mati dan meningkatkan pembentukan jaringan sel baru.
Kamu bisa menjadikan gula sebagai scrub untuk wajahmu. Untuk caranya dengan menambahkan minyak zaitun dan air lemon. Campurkan gula, minyak zaitun, dan air lemon hingga merata.
Aplikasikan pada jerawat dan bekasnya , lalu scrub secara perlahan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan cara ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4. Cuka Apel

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan dapur berikutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Masih banyak yang belum mengetahui jika cuka apel ini bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Kandungan antiseptik dan alfa hidroksi yang ada pada cuka apel terbukti bisa membuat wajahmu mulus kembali.
Cara penggunaannya pun sangat sederhana dan mudah. Tempelkan kapas yang sudah dibasahi dengan cuka apel pada jerawat dan bekasnya.
Diamkan selama 2-3 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan perawatan ini setidaknya 2 kali sehari.

5. Minyak Ikan

Minyak yang terkenal untuk menurunkan kolesterol dan mencerdaskan otak anak ini juga bisa digunakan sebagai perawatan wajah. Hal tersebut dikarenakan minyak ikan kaya akan kandungan vitamin E dan omega-3 yang rupanya ampuh mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya.
Cara pengunaannya pun sangat mudah. Oleskan sedikit pada jerawat dan bekasnya, tunggu hingga 2-3 menit. Lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.
Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan perawatan ini secara rutin, 2 kali sehari. Kamu bisa meggunakannya pada saat pagi dan malam hari.

Rutin dan Bersabar adalah Kuncinya

Dari 10 cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat di atas, semoga bisa memberikan motivasi agar kamu tetap semangat menghilangkan bekas jerawat membandel. Memang cara tersebut tidaklah singkat, tapi hasilnya memuaskan. Kamu hanya perlu rutin menggunakan dan bersabar, maka wajahmu akan mulus kembali.
Memang sudah banyak dijual obat-obatan yang katanya ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat. Tapi obat-obat tersebut pastinya memiliki efek samping yang justru akan memperburuk keadaan.
Untuk itu, cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dianggap paling efektif karena tidak memiliki efek samping. Selain itu, bahannya mudah ditemukan dan harganya pun relatif terjangkau. Tunggu apalagi? Yuk, jangan sedih lagi dan segera gunakan perawatan ini!

Related Post



Post a Comment