Shogun 110, Jagoan yang Tidak Pudar Oleh Jaman

Posted by ADITYAFYA

 Hasil gambar untuk SHOGUN 110
Shogun 110, Jagoan yang Tidak Pudar Oleh JamanKita tentu mengenal Suzuki Shogun 110. Motor ini termasuk jagoan ngebut pada masanya. Karena menganut kapasitas silinder yang cukup besar di masanya untuk ukuran bebek 4 tak, 110 cc. Motor ini adalah motor bebek Suzuki yang pertama di Indonesia, yang memakai sistem 4 tak.
Untuk urusan akselerasi, motor ini cukup baik. Top speed diklaim mencapai 120 kpj pada saat masih baru. Oleh karena itu, Shogun 110 masih terhitung cukup kuat untuk digunakan dewasa ini, meskipun produksinya sudah lama dihentikan. Motor ini, terutama generasi awalnya, Shogun “kebo”, cukup digemari karena kualitas dan ketahanannya, juga karena akselerasi dan top speednya.
Sayangnya, model Suzuki Shogun 110 (FD110) yang di downgrade menjadi Suzuki Smash (FD110X), tidak bisa sukses di pasaran, antara lain karena kualitasnya yang dianggap tidak bisa menyamai Shogun 110. Entah karena terlalu ringan dan juga karena sering miss shift (penulis sering mengalami ini karena penulis sendiri memiliki sebuah FD110X).
Shogun 125 juga tidak bisa sukses di pasaran entah karena kalah nama dari Honda Supra X 125, atau karena kualitasnya yang menurun (dianggap menurun) dari FD110. Karena Shogun 125 generasi awal yang berkode FD125X pada dasarnya merupakan bore up atau stroke up (yg mana yg benar saya lupa) dari FD110X aka Smash, sehingga kelemahannya pun dianggap sebelas duabelas. Namun secara keseluruhan
karakter mesinnya jelas masih seperti original FD110. Kuat di tarikan akhir. Seri Shogun ini juga keluar dengan seri SP, dengan perbedaan berkopling dan tidak memiliki starter elektrik. Seri ini tergolong cukup seret penjualannya, karena angka penjualan jauh dibawah kompetitor.
Lain lagi FL125, motor yang ditasbihkan sebagai the new Shogun125 menggantikan seri FD ini tarikan akhirnya justru tergolong biasa saja, top speed standar. Tapi akselerasi dan tarikan awalnya jelas di atas rata2 FD series. Lebih cocok digunakan dalam kota dan keadaan stop and go. Tapi digunakan secara long distance pun juga masih nyaman. Seri SP dari FL125 sudah memiliki starter elektrik, tapi malah menjadi kelemahan dari SP seri ini, adanya starter elektrik menghambat gasingan mesin. Namun, SP seri ini memiliki kelebihan juga, yaitu jarang adanya miss shift dan kopling selip. Seri Shogun ini pun, penjualannya dikategorikan seret dan sedikit. Sejauh ini tak ada yang bisa menyamai kegemilangan era Shogun FD110.
Pada akhirnya, terbukti bahwa Shogun 110, entah  yang kebo ataupun New, merupakan motor bebek 4 tak Suzuki yang paling sukses dan sampai saat ini tak ada produk motor bebek 4 tak Suzuki yang menyamai angka penjualan Shogun110 ini.

Related Post



Post a Comment